Breaking

Selasa, 20 Februari 2018

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Kita pasti sudah sering mendengar kata sehat yang artinya tidak sakit. Tapi sebenarnya, apa sih, arti dari kata sehat tersebut? Lalu, kalau reproduksi yang ehat itu seperti apa?

Sehat itu sendiri adalah keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial. Itu artinya, sehat nggak hanya suatu keadaan terbebas dari penyakit, lho.

Agen Sakong - Lalu, yang dimaksud dengan sehat fisik adalah keadaan jasmani yang terbebas dari rasa sakit atau penyakit. Sedangkan sehat mental artinya keadaan psikis yang seimbang, terbebas dari berbagai tekanan batin, pikiran dan perasaan.

Arti dari sehat sosial adalah keadaan di saat seseorang diterima di dalam lingkungan sosial/masyarakatnya, serta mampu menyesuaikan diri dan melakukan kegiatan bersama orang lain.

Lalu kalau kesehatan reproduksi, apa artinya, ya? Kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata terbebas dari penyakit dalam semua hal yang berkaitan dengan alat/organ, fungsi, sistem dan proses reproduksi.

Berkaitan dengan alat/organ reproduksi, apakah kamu sudah mengetahuinya? Supaya lebih jelas, lihat penjelasan berikut, yuk!

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui


Labia Majora

Ini adalah daerah lipatan kulit luar vagina, makanya sering disebut bibir luar vagina.

Fungsi bagian ini adalah menjaga kelembapan vagina bagian luar sekaligus melindunginya dari bakteri atau kuman penyakit.

Ketika kita masuk masa puber, di sekeliling bibir luar vagina ini tumbuh rambut pubis yang membantunya untuk melindungi vagina.

Labia Minora

Daerah lipatan kulit bagian dalam vagina ini ukurannya lebih tipis dari labia majora. Bibir dalam vagina ini berfungsi sebagai penutup lubang vagina dan saluran kencing atau lubang uretra.

Klitoris

Tonjolan daging kecil yang terletak di ujung atas labia minora ini sangat sensitif, lho. Karena bagian ini memiliki banyak serabut syaraf. Kalau terkena rangsangan, klitoris ini akan membesar secara otomatis.

Lubang Uretra

Lubang ini adalah tempat keluarnya air kencing kita. 

Lubang Vagina

Merupakan rongga menuju liang rahim. Rongga ini menjadi tempat keluar masuknya darah menstruasi kita.

Mama pun melahirkan kita ke dunia lewat lubang vagina ini. Di mulut lubang vagina ini terdapat jaringan kulit tipis yang bernama Hymen atau selaput dara.

Tanda-tanda Vagina Nggak Sehat

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Daerah kewanitaan kita ini rentan banget terkena bakteri atau jamur. Selain karena memang sangat sensitif, letaknya yang tersembunyi membuat kita jadi jarang merawat dan memperhatikan kebersihannya.

Nah, mulai sekarang kita harus waspada terhadap gejal-gejala yang menandakan kalau vagina kita sedang sakit:  

  • Vagina sering terasa gatal dan panas.

  • Keluar cairan berwarna putih susu atau kehijauan dari vagina kita. Cairan yang keluar pun bentuknya kental, bahkan terkadang sampai menggumpal seperti keju.

  • Tercium bau nggak sedap seperti bau amis yang menyengat.

  • Terasa sakit ketika sedang kencing.

  • Warna vagina berubah jadi merah dan bengkak


Merawat Vagina

Reproduksi Kesehatan yang Perlu Kita Ketahui

Infeksi vagina akibat jamur dan bakteri ini kalau dibiarkan lama-lama bisa memicu penyakit kanker rahim, lho. Jadi, kita harus rajin melakukan perawatan nih, agar vagina kita tetap sehat.

Caranya:

  • Selalu membasuh daerah sekitar vagina dengan air yang bersih.

  • Biasakan membasuh air dari arah depan ke belakang sesudah buang air kecil atau besar. Supaya vagina nggak tercemar kuman yang berasal dari anus.

  • Kalau ingin menggunakan produk pembersih vagina sebaiknya tanya dulu ke dokter.

  • Pakailah celana dalam yang terbuat dari bahan katun, karena lebih menyerap keringat.

  • Jangan memakai celana yang terlalu ketat, karena bisa bikin vagina lecet.

  • Saat sedang menstruasi, usahakan untuk mengganti pembalut sesering mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.