Breaking

Sabtu, 10 Maret 2018

LIMA HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMPUNYAI KARTU DEBIT PERTAMA KALI

LIMA HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMPUNYAI KARTU DEBIT PERTAMA KALI

LIMA HAL YANG HARUS DIKETAHUI KETIKA MEMPUNYAI KARTU DEBIT PERTAMA KALI

Kalo dulu kita biasa dikasih uang jajan dalam bentuk cash buat keperluan hari itu atau minggu itu aja, mungkin sekarang Mama dan Papa udah mentransfer jatah uang kita buat sebulan ke depan. Jumlahnya pasti lebih besar dari uang yang biasanya ada di dompet kita. Kartu debit juga memungkinkan kita buat mengakses seluruh tabungan lewat ATM yang ada di mana aja. Makannya nggak heran kalo benda kecil ini rawan banget jadi inceran orang-orang nggak bertanggung jawab. Nah, biar tetep aman, ini dia kira-kira lima hal yang harus kita ketahui guys. Yuk simak!

BUAT PIN YANG NGGAK GAMPANG KETEBAK

Agen Sakong - Kalo kita punya kebiasaan bikin password handphone (HP) atau media sosial dengan tanggal ulang tahun sendiri, atau kita termasuk orang yang masih suka bikin “123456” sebagai password kita, well, baiknya jangan diterapin deh ketika ngebuat PIN buat kartu debit. Bahkan menggunakan tanggal ulang tahun anggota keluarga lain, nomer rumah, dan nomer HP juga baiknya dihindari. Selain itu, tiap angka yang kita pilih kalo bisa berlainan dan jangan lupa ganti PIN secara berkala.

Beberapa hal lain tentang PIN yang harus kita inget di antaranya:

Ngapalin PIN kartu debit kita tuh hukumnya wajib! Jangan catet kombinasi angka penting ini di HP, dompet, atau lebih parahnya lagi di kartu kita karena bakal gampang banget buat diliat oleh orang lain. Kayaknya kesalahan bodoh ya? Tapi ternyata udah banyak banget lho orang yang kehilangan uang karena alesan ini;

Jangan pernah ngasih tau PIN kita ke siapapun, bahkan ke temen terdekat kita; dan

Pastiin nggak ada orang lain yang bisa ngeliat PIN yang lagi kita masukin ketika ngegunain ATM.

BAWA KETIKA BUTUH AJA

Bawalah kartu debit ketika kita emang bener-bener butuh aja, misalnya kalo kita emang berencana ambil uang di ATM atau ketika kita mau beli barang dengan harga cukup mahal tanpa harus ambil cash. Kalo kita cuma mau beli snack di mini market depan kompleks, bisa kali ya kartunya ditinggal di rumah sebentar aja he he.. malah dengan gini kita juga bisa ngurangin kemungkinan kalap ketika lagi jalan-jalan. Karena sebenernya salah satu dampak negatif dari makin mudahnya kita mengakses rekening tabungan adalah makin mudah juga bagi kita buat menggunakan uang tersebut. Sedangkan ketika kita bawa cash yang terbatas, kita bakal lebih lama mikir sebelum ngeluarin uang buat sesuatu, ya nggak?

SAAT BELANJA, PASTIIN KARTU CUMA DIGESEK SEKALI

Agen Sakong - Penting nih guys bagi kita buat tau! Dikutip dari Kompas.com, Bank Indonesia (BI) udah dengan tegas melarang dilakukannya penggesekan ganda atau double swipe dalam transaksi non tunai, baik menggunakan kartu debit maupun kredit. Jadi ketika kita beli sesuatu secara debit, pastiin kalo kartu kita cuma digesek satu kali ya oleh petugasnya. Kartu kita juga cuma boleh digesek di mesin Electronic Data Capture (EDC), bukan di alat penggesekan lain, termasuk mesin kasir. Kebijakan ini dibuat dengan tujuan melindungi kita dari pencurian data dan informasi kartu. So, coba lebih cermat ya guys!

WASPADA MODUS PENIPUAN DI ATM

Kalo kita ngikutin pemberitaan di media massa, mungkin kita udah sering banget denger tentang berbagai modus penipuan dan perampokan di ATM. Dikutip dari Cermati.com, beberapa di antaranya yang sering banget terjadi dan harus kita waspadai di antaranya:

Hipnotis – biasanya terjadi ketika korban bersentuhan langsung dengan pelaku, misalnya aja ditepuk atau bersalaman. Korban yang linglung kemudian bakal diarahin buat nyerahin kartu ATM atau uangnya ke pelaku.

Ganjel mesin ATM – dilakukan dengan mengganjel slot kartu menggunakan sesuatu, sehingga kartu korban bakal terperangkap di dalam mesin ATM. Pada saat itulah biasanya pelaku bakal nawarin buat ngasih bantuan. Hati-hati guys kalo tiba-tiba ada orang yang mau nolongin kita karena mungkin aja dia bukan orang baik.

Nomer call center palsu – modus kayak gini biasa dilakuin di ATM-ATM yang mesinnya emang lagi rusak atau sengaja dibuat rusak. Pelaku sebelumnya udah nempel nomer call center palsu di deket mesin ATM yang jadi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Ketika korban yang lagi panik menelepon ke nomer tersebut setelah kartunya tertahan, pelaku yang nyamar sebagai petugas bank bakal mengarahkan dia buat ngikutin instruksinya. Untuk menghindari modus-modus kayak gini, ada baiknya kita langsung cek nomer telepon bank yang tertera di website resmi mereka.

Tuker uang – hati-hati juga ketika kita bermaksud baik buat ngebantu orang guys. Modus yang satu ini dilakuin oleh pelaku dengan pura-pura minta tolong ke korban untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening. Sebagai gantinya, dia bakal ngasih cash yang ternyata adalah uang palsu. Solusinya? Jangan ragu buat nolak ketika kita dihadapin oleh kondisi kayak gini. Walaupun mungkin aja dia adalah orang yang bener-bener butuh bantuan, tapi udah sepatutnya kita waspada.

SEGERA HUBUNGI BANK UNTUK BLOKIR KARTU YANG HILANG ATAU TERTELAN

Kalo kartu kita (amit-amit) udah keburu dicuri atau ditelan oleh mesin ATM, segera telepon deh bank yang bersangkutan untuk ngeblokir kartu debit kita. Semakin lama kita bertindak, bakal semakin banyak juga waktu si pencuri buat menyalahgunakan kartu kita yang lagi dia pegang. Kalo bank yang kita tuju susah ditelepon, kita juga bisa dateng ke bank secara langsung atau searching apakah ada cara lain yang lebih cepat buat ngeblokir kartu ATM kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.