Breaking

Sabtu, 17 Februari 2018

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

Apakah kamu termasuk cewek boros? Kalau ya, nggak ada ruginya kalau kamu mengubah kebiasaan lama agar lebih bijak dalam mengelola keuangan dengan cara berhemat. Cara ini ternyata sangat efektif untuk ‘menambah kesehatan dompet’ kamu, lho. Ini dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Tetapkan anggaran


Menentukan budget adalah hal yang paling penting dalam mengelola keuangan. Kebiasaan ini juga baik dilakukan untuk menetapkan prioritas kebutuhan mana saja yang penting dan pengelompokan biaya atau pengeluaran rutin dan tetap.

2. Buat wishlist


Sebelum melirik item-item yang dijual di toko, buat wishlist secara berkala untuk menentukan item apa saja yang benar-benar kamu ingin beli. Jangan hanya gara-gara lapar mata atau godaan diskon, kamu membeli barang yang nggak terlalu dibutuhkan di luar list yang sudah kamu buat.


3. Potong biaya nggak perlu


Salah satu beban pengeluaran paling besar saat ini adalah biaya makan dan minum di kafe. Kamu bisa memotong banyak pengeluaran nggak perlu dengan mengurangi jajan di luar. Kalau biasanya kamu nongkrong di kafe 2 kali seminggu, coba dikurangi jadi sekali seminggu saja.

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

4. Bayar secara tunai


Selain lebih mudah dalam menghitung berapa uang yang sudah kamu keluarkan, pastinya kamu nggak bakalan tergiur untuk berbelanja lebih dari jumlah uang yang kamu bawa di dompet.

5. Catat pengeluaran


Simpan struk belanja lalu catat secara terperinci dalam buku kas. Tandai setiap pengeluaran yang kamu lakukan baik besar maupun kecil setiap harinya. Pengeluaran kecil jika dilakukan terlalu sering lama-lama bisa menjadi pengeluaran besar dan rutin kalau nggak direm.

8 Cara Mudah Untuk Berhemat

6. Simpan uang kembalian


Jangan pernah gengsi mengumpulkan uang kembalian pecahan kecil atau recehan. Biar kata recehan, kalau dikumpulkan sedikit demi sedikit lama-lama bisa berguna juga untuk membeli sesuatu atau minimal didonasikan kepada orang yang membutuhkan.

7. Pinjam atau barter


Ketimbang membeli baru, kalau teman atau saudara sudah punya, kenapa nggak pinjam atau barter sama mereka?

8. Do it yourself


Belajar mandiri serta mengembangkan ide-ide kreatif dengan bikin sesuatu dengan tangan kita sendiri ternyata juga trik oke untuk berhemat, lho. Termasuk mengolah barang-barang bekas jadi barang baru.

Kebiasaan hemat baik dilakukan sejak muda karena dapat menekan sifat konsumtif dan uang yang kamu kumpulkan itu nantinya bisa digunakan di masa depan atau buat jaga-jaga di kondisi darurat.

Sumber : https://goo.gl/ZVPjho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.