Breaking

Kamis, 15 Februari 2018

Hati-hati pada Sariawan

Hati-hati pada Sariawan

Hati-hati pada Sariawan

Ketika sariawan datang, rasanya nggak nyaman banget. Bikin susah makan dan bicara. Tapi terkadang, kita suka menyepelekan sariawan. Hmm, padahal sariawan adalah peradangan yang berada di mulut. Kalau nggak segera diobati, bisa terjadi infeksi. Dalam kasus tertentu, sariawan yang menahun bisa menjadi awal dari kanker mulut. Makanya, penting untuk tahu penyebabnya, nih.

Virus


Bila tiba-tiba dalam mulut timbul banyak sariawan dan kemunculannya disertai demam, bisa jadi ini bukan bukan sariawan biasa. Gejala sariawan seperti ini biasanya disebabkan oleh virus. Penularannya bisa lewat udara atau terkena bekas liur orang yang membawa virus tersebut. Dalam beberapa kasus, sariawan yang disebabkan virus juga bisa menimbulkan herpes dan pembengkakan kelenjar mulut.

Bakteri


Sariawan jenis ini terjadi saat kita terkena sakit tenggorokan atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Ini akan timbul ketika daya tahan tubuh kita berkurang. Segera minum antibiotik untuk mengusir bakteri tersebut.

Luka Berulang


Tidak sengaja menggigit lidah saat sedang makan malam. Nggak cuma sekali, tapi tiga kali. Alhasil, ada luka pada lidah kita. Lama-kelamaan luka bekas gigitan tersebut berubah menjadi sariawan. Untungnya, jenis ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya selama kurang lebih dua minggu.

Hati-hati pada Sariawan

Kurang Vitamin


Kekurangan vitamin B, C, dan zat besi bisa mengakibatkan jaringan dalam mulut melemah. Sehingga kulit di sekitar jaringan tersebut mudah robek. Ini dia yang mudah menyebabkan sariawan. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin tersebut.

Stres


Kondisi psikologis juga memicu timbulnya sariawan, lho. Katanya sih, saat kita stres, daya tahan tubuh akan menurun. Ini menyebabkan jaringan mulut kita juga melemah, makanya gampang terluka dan akhirnya menjadi sariawan.

Sumber : https://goo.gl/P9PUuD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.