Breaking

Jumat, 09 Maret 2018

Sering Tiba-Tiba Kehilangan Konsen? Cobain Beberapa Tips berikut ini

Sering Tiba-Tiba Kehilangan Konsen? Cobain Beberapa Tips berikut ini.

Sering Tiba-Tiba Kehilangan Konsen? Cobain Beberapa Tips berikut ini

Absent minded adalah kondisi ketika kita kehilangan konsentrasi sehingga kita jadi nggak fokus sama pas lagi mengerjakan sesuatu. Jangankan mengerjakan, keadaan absent minded ini juga berlaku bahkan ketika kita cuma lagi mikirin sesuatu. Kondisi ini membuat kita lupa sama apa yang lagi kita kerjain. Contohnya, kita seringkali lupa naro kacamata yang bahkan sebenernya lagi kita pake.

Agen Sakong - Penyebab utama kondisi absent minded adalah berkurangnya kemampuan buat fokus sama satu hal. Di era smartphone seperti sekarang ini, semua orang udah kebiasa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu alias multitasking. Kita terbiasa baca buku sambil dengerin musik, nyetrika sambil streaming video di YouTube, nyetir sambil teleponan, bahkan ngerjain tugas sambil membuka kolom chat di web whatsapp atau line for PC.

Sering Tiba-Tiba Kehilangan Konsen? Cobain Beberapa Tips berikut ini

TERAPI SIMPEL BUAT MEMINIMALISIR ABSENT MINDED


Kondisi absent minded sebenernya nggak bisa kita hilangin sama sekali. Tapi, kita bisa menguranginya supaya nggak terlalu sering kita alamin dan ujung-ujungnya mengganggu kerjaan, tugas, dan membahayakan nyawa kita. Cara satu-satunya buat meminimalisir absent-mindedness adalah dengan meningkatkan kemampuan buat fokus dalam mengerjakan atau mikirin suatu hal. Dilansir dari Psychology Today, Brad Waters merangkum terapi-terapi sederhana yang bisa kita praktekkin buat ningkatin kemampuan fokus kita.

TERAPI FOKUS PAS BANGUN TIDUR


Pas bangun tidur, jangan langsung matiin alarm dan ngecek handphone buat tahu chat siapa aja yang masuk. Coba deh tarik napas sejenak dan hembuskan, rasain napas pertama yang kita hirup hari itu. Setelah itu, tengok ventilasi atau jendela, rasain cahaya yang masuk ke kamar kita. Dengerin juga suara-suara pertama, selain alarm, yang masuk ke telinga kita. Lewat cahaya dan suara itu, coba tebak kira-kira jam berapa kita bangun. Setelah itu, baru deh cek handphone atau jam dinding buat memastikan pukul berapa sebenernya dan apa yang mesti dilakukan setelahnya.

TERAPI FOKUS PAS MANDI


Kalo kita terbiasa mandi setelah bangun, coba deh rasain sensasi air perama yang nyentuh kulit kita pas mandi. Jangan cuma gebyar-gebyur dengan mata yang masih setengah merem. Coba hirup juga aroma sabun dan sampo yang kita pake dan kasih perhatian lebih sama kulit pas kita lagi menggosok-gosok badan. Buat yang beragama muslim, disaranin banget mandi dulu sebelum shalat subuh. Sensasi segar sehabis mandi bakal membuat konsentrasi kita meningkat pas lagi shalat.

TERAPI FOKUS PAS MAKAN


Agen Sakong - Kalo kita terbiasa mandi setelah bangun, coba deh rasain sensasi air perama yang nyentuh kulit kita pas mandi. Jangan cuma gebyar-gebyur dengan mata yang masih setengah merem. Coba hirup juga aroma sabun dan sampo yang kita pake dan kasih perhatian lebih sama kulit pas kita lagi menggosok-gosok badan. Buat yang beragama muslim, disaranin banget mandi dulu sebelum shalat subuh. Sensasi segar sehabis mandi bakal membuat konsentrasi kita meningkat pas lagi shalat.

TERAPI FOKUS PAS MAKAN


Kita seringkali mendadak jadi autopilot pas lagi sarapan. Entah karena lagi terburu-buru atau udah kepikiran sama kegiatan di sekolah. Kita seringkali nggak inget makanan apa yang kita makan pas sarapan dan gimana rasanya. Coba deh kasih perhatian lebih sama makanan yang kita kunyah pas lagi sarapan. Rasain aroma dan perhatiin tampilannya. Kalo menu sarapan kita adalah telur, coba rasain, apakah telurnya terlalu mateng, cukup mateng, atau setengah mateng. Rasain, apakah telur yang kita makan itu hambar, kurang asin, cukup, atau bahkan terlalu asin. Eits, jangan lupa juga berdoa sebelum dan setelah makan.

TERAPI FOKUS PAS NGOBROL


Kalo lagi ngobrol sama orang lain, kita seringkali terdistraksi sama berbagai hal. Kadang kita nyempetin mengecek handphone, merhatiin orang lain yang lewat, atau malah mendengarkan suara cicak yang lagi nongkrong di dinding. Coba deh tatap mata lawan bicara ketika kita lagi ngobrol, dan perhatiin tiap jeda dan bahasa nonverbal pas dia lagi ngomong. Kalo nggak ngerti sama apa yang dia obrolin, coba tanya dan minta jelasin ulang. Menjadi pendengar yang baik melatih kita buat fokus menangkap inti pembicaraan. Fokus sama lawan bicara pas kita lagi ngobrol juga bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berempati, lho.

TERAPI FOKUS DI KELAS


Ada yang bilang, kalo kita udah mulai nggak fokus pas lagi kerja atau di kelas, kita mesti tidur siang sejenak alias take a nap selama 10 sampe 15 menit aja. Dalam praktiknya, tidur siang 10 menit itu sulit. Suara-suara orang lain dan pikiran kita sendiri seringkali jadi distraksi terbesar yang nggak bisa kita hindarin. Ujung-ujungnya kita cuma merem doang dalam kondisi sadar. Sebagai gantinya, cobain kosongkan pikiran sejenak dalam waktu lima menit. Tarik napas dan buang perlahan, sambil pelajari apa yang sebenernya tubuh kita rasain. Kalo ternyata pundak atau mata kita terasa pegel, coba lakuin stretching atau pijet-pijet pake tangan sendiri.

TERAPI FOKUS SEBELUM TIDUR


Sebelum tidur, seringkali kita kepikiran banyak hal yang ujung-ujungnya malah mengundur jam tidur kita. Terlebih lagi kalo kita sesekali mengecek handphone dan membuka media sosial. Yang kita pikirin sih bisa macem-macem: apa yang nggak berhasil kita lakuin hari ini, siapa aja yang lupa kita hubungin, atau apa yang bakal kita hadepin di hari esok. Daripada mikirin ketiga hal itu, coba deh mengapresiasi diri kita dengan flashback apa aja yang udah kita lakuin dan capai seharian ini. Ucapin juga syukur dan rasa terima kasih kepada Tuhan atas hal-hal baik yang kita terima dan nikmatin.

Sumber : https://goo.gl/V7Kf8K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.