Breaking

Rabu, 07 Maret 2018

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Selain kaya akan budaya, bahasa dan tradisi, Indonesia juga punya banyak banget makanan khas daerah. Bahkan, beberapa dari makanan tradisional sangat unik dan nggak dijumpai di tempat lain, seperti empat makanan berikut ini.

Botok Tawon

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Makanan ini bisa kita temukan di beberapa daerah di Jawa Timur. Botok yang kita kenal biasanya berisi teri dan tahu yang dibalut kelapa parut. Nah, di Jawa Timur ada botok yang isinya tawon atau lebah. Bahan makanan ini adalah sarang tawon atau lebah yang masih terdapat larvanya. Sarang tawon ini dicampur dengan berbagai bumbu lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Sate Kuda

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Sebenarnya makanan ini bentuknya sama seperti sate pada umumnya, tapi bahannya saja yang agak unik, yaitu daging kuda. Sate kuda adalah makanan khas dari Sumbawa. Banyak orang yang menganggap kalau daging kuda berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asma dan diabetes. Makanya, makanan ini jadi populer hingga ke pulau Jawa, salah satunya di kota Yogyakarta.

Ulat Sagu

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Ulat besar yang bisa ditemukan di batang pohon sagu ini jadi makanan khas masyarakat Papua dan Nusa Tenggara Barat. Meskipun badan ulat ini lumayan besar, dengan ukuran sebesar ibu jari, masyarakat Papua dan NTB bisa memakannya mentah-mentah hanya sekali telan. Tapi, mereka juga sering mengolah ulat ini dengan cara direbus atau dibakar. 

Paniki

Empat Makanan Unik Khas Indonesia

Dalam bahasa masyarakat Sulawesi Utara, paniki berarti kelelawar. Dan memang benar paniki adalah masakan khas Sulawesi Utara yang berbahan dasar kelelawar. Paniki bisa dimasak dalam berbagai macam bumbu, mulai dari kuah santan, bumbu rica-rica, digoreng hingga dibakar seperti sate.

Sumber : https://goo.gl/bttJfn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.